Loading

Messi dan Sawa Pesepakbola Terbaik Dunia 2011

Written By Unknown on Selasa, 10 Januari 2012 | 6:15 PM

Messi dan Sawa Pesepakbola Terbaik Dunia 2011

Zurich, (Analisa). Terjawab sudah siapa yang terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia tahun 2011. Bomber Barcelona, Lionel Messi, memenangi FIFA Ballon d"Or setelah mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Xavi Hernandez. Sementara untuk pemain putri, gelar terbaik dinobatkan untuk kapten timnas Jepang, Homare Sawa.
Dalam rangkaian acara Gala Dinner FIFA Ballon d"Or di markas FIFA di Zurich, Selasa (10/1) dinihari WIB, pengumuman siapa pemain terbaik dunia 2011 dilakukan paling akhir. Mantan penyerang timnas Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima, mendapat kehormatan untuk mengumumkannya.

Messi akhirnya belum kehilangan predikatnya sebagai pesepakbola terbaik sejagat setelah dinobatkan sebagai peraih FIFA Ballon d"Or tahun ini. Dengan raihan suara 47.88%, dia mengungguli Ronaldo (21.6%) dan Xavi (9.23%)

Penghargaan ini menambah koleksi penghargaan untuk penyerang asal Argentina ini setelah sebelumnya dia juga memenangi Pemain Terbaik Dunia 2009 dan FIFA Ballon d"Or 2010.

Sepanjang tahun 2011, Messi memang punya peran besar mengantarkan Barca ke gerbang kesuksesan, yakni menjuarai Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub.

Sawa Terbaik Wanita

Di bagian wanita, kapten timnas Jepang, Homare Sawa, dinobatkan sebagai Pemain Wanita Terbaik Dunia 2011.

Sawa yang hadir dengan mengenakan pakaian kebesaran Jepang, terpilih menjadi yang terbaik setelah menyisihkan Marta (Brasil) dan Abby Wambach (Amerika Serikat). Sawa dinilai tampil hebat kala mengantarkan negaranya jadi juara Piala Dunia Wanita 2011 di Jerman.

Seperti diprediksi sebelumnya, kategorii pelatih terbaik dimenangkan "arsitek" Barcelona, Pep Guardiola.

Guardiola terpilih sebagai pelatih terbaik setelah mengalahkan dua pelatih hebat lainnya, yakni Sir Alex Ferguson (Manchester United) dan Jose Mourinho (Real Madrid).

Dari hasil voting, Guardiola meraih 41.92% suara, sedangkan Ferguson 15.61% dan Mourinho 12.43%.

Bersama Barca di Tahun 2011, Guardiola mengantarkan Azulgrana memenangi lima gelar, yakni Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub.

Khusus Alex Ferguson, meski gagal menjadi pelatih terbaik, tapi pria Skotlandia yang menangani Manchester United ini dianugerahi FIFA Presidential Award atas pengabdiannya di dunia sepakbola.

Ferguson dianggap sudah memberi kontribusi luar biasa ke dunia sepakbola selama lebih dari 25 tahun menangani The Red Devils. Dari polesan pria berkebangsaan Skotlandia ini, sudah terlahir puluhan pemain kelas wahid dari Old Trafford.

Gol Terbaik Neymar

Sementara itiu gol Neymar paling banyak dipilih oleh voter di situs resmi FIFA sejak beberapa bulan lalu, mengalahkan gol cungkil Messi atau over head Rooney.

Gol Neymar tercipta saat klubnya, Santos, menghadapi Flamengo di Liga Brasil. Dengan aksi solonya, ia melewati beberapa pemain lawan dan sesudahnya pemain sensasional ini sukses menyarangkan bola meskipun sempat ditekel lawan. (Ant/Afp/dtc)



Daftar Penerima Penghargaan

Ballon d’Or FIFA 2011

Pemain Terbaik FIFA: Lionel Messi (Argentina/Barcelona)

Pelatih Terbaik FIFA: Pep Guardiola (Spanyol/Barcelona)

Penghargaan Puskas FIFA (Gol Terbaik): Neymar (Brazil/Santos)

Pesepakbola Wanita Terbaik FIFA: Homare Sawa (Jepang/INAC Kobe Leonessa)

Pelatih Wanita Terbaik: Norio Sasaki (Jepang/Timnas Jepang)

Penghargaan Presidential (Kepemimpinan) Terbaik FIFA: Sir Alex Ferguson (Skotlandia/Man. United)

Pengharggan Fair Play FIFA: Federasi Sepakbola Jepang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik